Musang Rase Tertangkap Kamera di Gunung Ciremai, Ini Penampakannya

Musang Rase Tertangkap Kamera di Gunung Ciremai, Ini Penampakannya

KUNINGAN - Musang Rase Gunung Ciremai tertangkap camera trap (kamera jebak) pada, 20, Januari 2022. Hewan ini, sebelumnya jarang sekali dapat terdokumentasi dengan baik.

Dilansir dari unggahan Taman Nasional Gunnung Ciremai (TNGC), keberadaan Musang rase (Viverricula indica) memang relatif jarang terlihat dan terdokumentasi.

Baik secara langsung maupun dengan kamera jebak yang dipasang di kawasan TNGC.

Hasil dokumentasi pertama yang ditampilkan kurang proporsioal dan kurang begitu jelas.

Namun setelah sekian lama, keberadaan Musang rase secara utuh terdokumentasi kembali di hutan dataran rendah kawasan TNGC.

Aktivitas dan wilayah jelajahnya yang berdekatan dengan pemukiman atau lahan perkebunan masyarakat, tak ayal membuat keberadaan satwa liar terancam kelestariannya.

Terutama karena kerap dijadikan target perburuan liar dengan alasan menjadi hama atau berkonflik dengan satwa domestik di pemukiman.

Sedangkan keberadaannya di alam liar merupakan komponen penting dalam kelestarian ekosistem dalam hal menjaga kesehatan populasi, penyerbukan dan penyebaran biji tumbuhan.

Keunikan musang ini, yakni memiliki ekor bercincin ini. Sehingga menjadikannya salah satu fauna eksotis di Gunung Ciremai. (yud)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: